Jembatan Besi Nanga Koman Kabupaten Sekadau Segera Dibangun - Berita Indokalbar.com -->

13 Agustus 2024

Jembatan Besi Nanga Koman Kabupaten Sekadau Segera Dibangun

Jembatan Besi Nanga Koman Kabupaten Sekadau Segera Dibangun
Peletakan batu pertama pembangunan pondasi Jembatan Besi Nanga Koman Senin (12/8/2024).
SEKADAU - Peletakan batu pertama pembangunan pondasi Jembatan Besi Nanga Koman Senin (12/8/2024). Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting, termasuk Bupati Sekadau Aron, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sekadau Handi, SE, Kepala Bidang Bina Marga PUPR P. Kamestu, Camat Nanga Taman Loreng Kuseno, serta unsur Forkopimcam Nanga Taman, Kades Nanga Koman Linus Raw, dan tamu undangan lainnya.

Jembatan Besi Nanga Koman direncanakan untuk melayani tujuh desa, menjadi lintas sektoral yang sangat penting bagi daerah tersebut. Peletakan pondasi jembatan di Nanga Koman merupakan langkah strategis dari pemerintah daerah untuk meningkatkan perekonomian setempat.

Peletakan batu pertama pembangunan pondasi Jembatan Besi Nanga Koman Senin (12/8/2024).
Bupati Sekadau Aron mengatakan bahwa jembatan ini adalah impian lama warga, terutama bagi desa-desa di sekitar Nanga Koman. "Selama ini, kendala terkait jembatan telah menghambat akses perekonomian masyarakat di daerah bantaran sungai," ujar Bupati Aron. Rencana pembangunan pondasi baru dimulai pada tahun 2023 setelah perencanaan dianggarkan.

Pembangunan jembatan ini diharapkan dapat mempermudah akses menuju berbagai fasilitas penting, seperti RS Landau Apin Nanga Mahap, serta menyelesaikan pengerjaan jembatan di Meragun Nanga Taman yang didanai dari Instruksi Presiden (Inpres) tahun 2024.

P. Kamestu, Kepala Bidang Bina Marga PUPR, menjelaskan bahwa perencanaan jembatan telah dimulai sejak tahun 2022, dengan pagu anggaran senilai Rp. 1 miliar untuk pembangunan abutmen pondasi jembatan satu titik. Proyek ini akan berlangsung selama 127 hari kalender dengan total biaya mencapai Rp. 972.276.000.

Dalam sambutannya, Bupati Aron menekankan pentingnya koordinasi antara Pemerintah Desa Nanga Kiungkang dan Nanga Koman untuk memastikan akses jalan tembus dapat dibangun. "Kami berkomitmen untuk menuntaskan pembangunan jembatan Koman dan melanjutkan pembangunan pondasi di sisi seberang pada tahun depan," tambahnya.

Linus Raw, Kades Nanga Koman, menyambut baik proyek besar ini. "Selama saya memimpin, baru kali ini ada proyek sebesar ini di Koman. Jembatan besi ini sangat dinantikan karena selama ini kami hanya memiliki jembatan gantung yang sempit," ungkap Linus.

Dengan adanya jembatan baru ini, diharapkan masyarakat dapat memiliki akses yang lebih mudah dan cepat, sehingga ekonomi setempat dapat berkembang lebih pesat. 

"Banyak masyarakat yang belum membeli mobil karena tidak ada jembatan besi. Selama ini kami mengandalkan sepeda motor untuk transportasi," tambahnya.

Peletakan batu pertama pembangunan pondasi Jembatan Besi Nanga Koman Senin (12/8/2024).
Pemerintah Kabupaten Sekadau berkomitmen untuk terus meningkatkan infrastruktur di daerahnya, dengan harapan bahwa Sekadau akan menjadi kabupaten yang maju, sejahtera, dan bermartabat di masa depan. Jembatan Besi Nanga Koman adalah langkah awal menuju impian tersebut, yang diharapkan dapat membuka banyak peluang baru bagi masyarakat setempat. (DN)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar