Tutup Gawai Dayak Ke XIII, Ini Pesan dan Harapan Bupati Sekadau - Berita Indokalbar.com -->

28 Juli 2024

Tutup Gawai Dayak Ke XIII, Ini Pesan dan Harapan Bupati Sekadau

Penutupan Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau. (Dokumen)
Penutupan Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau. (Dokumen)
SEKADAU – Bupati Sekadau, Aron resmi menutup Gawai Dayak ke XIII Dewan Adat Dayak (DAD) Kabupaten Sekadau, Sabtu (27/7/2024) malam.ribuan masarakat dari Sekadau dan Kabupaten kota lainya tumpah ruah di halaman Betang Youth Center Jalan Panglima Naga.

Ketua panitia kegiatan, Martinus Ridi dalam laporannya, memaparkan sejumlah kegiatan dalam Gawai Dayak ke XIII ini.

"Seluruh rangkaian kegiatan telah dilaksanakan dengan baik.kami sampaikan ucapan kepada pemerintah daerah, para peserta, peserta lomba, sponsor utama dan pendamping," ucap Ridi.

Penutupan Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau. (Dokumen)
Penutupan Gawai Dayak ke XIII Kabupaten Sekadau. (Dokumen)
Sementara, Ketua DAD Kabupaten Sekadau, Djefrai Raja Tugam, menyampaikan ucapan terkasihnya selaku ketua DAD kepada pemerintah Daerah  Sekadau, yang  telah mensuport kegiatan.

"Harapan kami, tahun - tahun berikutnya tetap bekerjasama dengan DAD," kata Djefrai

Selain itu, Djefrai juga berpesan kepada  masarakat agar paska Gawai kembali ke rumah masing - masing dan bekerja untuk kehidupan masing - masing serta tidak melakukan gawai ditempat masing - masing.

"Ditutupnya gawai malam ini sebagai tanda diakhirinya gawai taun ini," timpalnya.

Terkahir, Bupati Sekadau, Aron juga menyampaikan ucapan terimakasihnya atas nama  Pemerintah kepada panitia dan seluruh elemen yang terlibat dalam suksesi Gawai Dayak ke XIII.

"Tanpa dukungan semua pihak, kegiatan ini tidak berjalan dengan baik dan lancar," kata Aron.

Dikatakan Aron, Gawai merupakan wadah untuk masyarakat Dayak melestarikan adat dan budaya.adat dan budaya tetap beriringan dengan perkembangan dunia.

"DAD berperan untuk mematikan sub suku Dayak yang ada di Sekadau terakomodir dalam Gawai Dayak.perberdaan adat dan budaya merupakan keindahan yang harus dirawat dan dilestarikan," beber Aron.

Ia berharap, Gawai Dayak  menjadi ajang wisata baik di tingkat provinsi maupun di daerah.

"Peserta dalam perlombaan juga bersungguh" sehingga nantinya dapat mewakili Sekadau diberbagai tingkatan," timpal Bupati.

Dalam kegiatan seremonial, penutupan Gawai Dayak ini, juga diselingi degan penayangan film dokumenter pembangunan Kabupaten Sekadau selama 3 tahun terakhir dalam kepemimpinan Aron - Subandrio  sebagai Bupati dan Wakil Bupati.penyerahan piala kepada juara umum dan penyerahan cinderamata kepada para sponsor kegiatan.

Penutupan Gawai Dayak Ke XIII ditandai dengan seremoni pemukulan Gong sebanyak 7 Kali oleh Bupati Sekadau, Aron didampingi Forkompinda dan tamu undangan.

(Arni Lintang)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar