Pj Gubernur Kalbar Terima Audiensi PW Duta Petani Milenial/Andalan - Berita Indokalbar.com -->

03 Juli 2024

Pj Gubernur Kalbar Terima Audiensi PW Duta Petani Milenial/Andalan

Pj Gubernur Kalbar Terima Audiensi PW Duta Petani Milenial/Andalan
Pj Gubernur Kalbar Terima Audiensi PW Duta Petani Milenial/Andalan. (Adpim Pemprov Kalbar/Borneotribun)
PONTIANAK – Pj Gubernur Kalimantan Barat, dr. Harisson, M.Kes., menerima audiensi dari PW Duta Petani Milenial/Andalan (DPM-DPA) di bawah Kementerian Pertanian Republik Indonesia Provinsi Kalimantan Barat. Pertemuan berlangsung di Pendopo Gubernur Kalbar pada Senin (1/7/2024).

Dalam audiensi tersebut, Pj Gubernur Kalbar menyambut hangat kedatangan beberapa Petani Milenial untuk berdiskusi terkait hasil tani mereka. 

Harisson menyampaikan dukungannya terhadap kebijakan yang akan diambil untuk membantu Petani Milenial mengembangkan penjualan hasil tani demi kesejahteraan petani.

"Saya mendukung terobosan yang telah dilakukan oleh Petani Milenial dalam mengembangkan usaha taninya ke arah yang lebih modern. Pemprov Kalbar melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar kelak akan melakukan pembinaan kepada Petani Milenial agar dapat lebih terarah," ujarnya.

Harisson juga menekankan pentingnya kehadiran Petani Milenial untuk menumbuhkan semangat bertani di kalangan anak muda, yang kini sulit ditemukan.

"Ini adalah salah satu upaya untuk menggerakkan lagi generasi muda agar cinta pertanian dan mau menjadi petani," tambahnya.

Pemprov Kalbar melalui Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar akan mengarahkan Petani Milenial menjadi mitra dari Kelompok Tani yang ada. Tujuannya untuk meningkatkan pemasaran dan kesejahteraan petani.

"Ke Depan, kita akan arahkan Petani Milenial ini untuk menjadi mitra Kelompok Tani yang ada, terutama dari segi pemasaran. Dengan begitu, petani kita dapat sejahtera, meningkatkan produksi hasil pertanian, dan menjual hasil tani di dalam maupun luar negeri," lanjut Harisson.

Di kesempatan yang sama, Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Kalbar, Ir. Florentinus Anum, M.Si., menyampaikan bahwa pihaknya akan melakukan pendataan terhadap Petani Milenial dan produksi tani yang dihasilkan serta mengadakan Rapat Kerja untuk menentukan langkah ke depan.

"Petani Milenial akan kita data sebaik mungkin. Kita juga akan melakukan rapat kerja tingkat Provinsi Kalbar untuk menentukan langkah yang tepat ke depannya," ungkapnya.

Selain itu, Korwil Petani Milenial Provinsi Kalbar, Firminus Dodi, menyampaikan harapannya agar mendapatkan bimbingan dan dukungan dari Pemerintah Daerah untuk mempertahankan dan mengembangkan generasi penerus petani muda di Kalimantan Barat.

"Petani Milenial inilah sebagai generasi penerus untuk orang-orang tua dalam mencukupi kebutuhan pangan. Untuk mengoptimalkan hal tersebut, dibutuhkan aksesibilitas alat-alat mesin pertanian yang kami miliki untuk menggenjot produksi pangan di Kalbar."

Pj Gubernur Kalbar Terima Audiensi PW Duta Petani Milenial/Andalan. (Adpim Pemprov Kalbar/Borneotribun)
Pj Gubernur Kalbar Terima Audiensi PW Duta Petani Milenial/Andalan. (Adpim Pemprov Kalbar/Borneotribun)
"Kami juga membutuhkan pembinaan dari Pemerintah Daerah agar lebih terarah dan terukur dalam produksi tani serta pemasaran."

"Kami juga berharap dapat dilibatkan dalam kegiatan skala lokal dan nasional agar dapat belajar dan menambah pengalaman serta ilmu baru di bidang pertanian dan perdagangan hasil tani," harapnya. (ais)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar