Gawai Dayak Ke XIII Sekadau Resmi Dibuka - Berita Indokalbar.com -->

23 Juli 2024

Gawai Dayak Ke XIII Sekadau Resmi Dibuka

Pemukulan Gong oleh Aron, Bupati Sekadau dan Kepala Dinas UMKM Kalbr, Jumadi. (Arni L)
Pemukulan Gong oleh Aron, Bupati Sekadau dan Kepala Dinas UMKM Kalbr, Jumadi. (Arni L)
SEKADAU – Gawai Dayak ke XIII (Tiga Belas) Kabupaten Sekadau resmi dibuka , Selasa (23/7/2024) pagi di Betang Youth Center. Pembukaan ditandai dengan pemukulan Gong sebanyak 7 kali  oleh Bupati, Aron dan Kepala Dinas UMKM,  Provinsi Kalbar, Jumadi mewakili Pj Gubernur Kalbar.

Gawai Dayak tahu. Ini mengangkat temabPelestarian Adat dan Budaya di Tengah Kemajuan Teknologi demi Terwujudnya Masyarakat yang Maju, Sejahtera dan Bermartabat.selaku tuan rumah gawai, ditunjuk sub suku Dayak "Mentukak".

Ketua panitia Gawai Dayak, Martunus Ridi dalam laporannya, mejelaskan, gagasan Gawai direalisasi oleh DAD sejak tahun 2007 yang dilaksanakan di belitang Hulu di Kecamatan Belitang Hulu

" Gawai Dayak Mejadi ajang pergelaran seni  budaya, minat dan bakat serta menarik untuk disaksikan semua suku. Kegiatan dalam Gawai berupa kegiatan, adat, perlombaan, permainan dan pergelaran budaya," jelas Ridi.

 Gawai, dijelaskan Ridi,  bermaksud  untuk mempererat persatuan masyarakat Dayak dalam rangka kerangka Indonesia.Menjaga dan melestarikan budaya Dayak. di Kabupaten Sekadau.

" Tujuan dilaksanakanya Gawai Dayak sebagai puncak pesta gawai nyapat tahun masarakat dayak di kampung-kampung dan untuk memperkuat dan mengali tradisi masarakat Dayak serta mempromosikan budaya Dayak secara luas," timpalnya.

Ditempat yang sama, Kornelis Khimha, ketua DAD Provinsi Kalbar, menjelaskan, bahwasanya, kata Adar bermakna Titian hidup.

" Masarakat suku dayak sejak dulu memilliki Titian hidup yang menjadi adat.tujuannya untuk kedamaian, kesejahteraan dan kebahagian.masyarakat adat dan masyarakat dayak harus mampu menciptakan kedamaian, kesejahteraan dan kebahagiaan," terangnya.

Sementara itu, Ketua DAD Kabupaten Sekadau,DJefrai Raja Tugam, menyampaikan terimakasihnya selaku ketua, kepada  panitia, dan Forkompinda Kabupaten Sekadau.

"terikasih kepada Kapolres selaku pihak kemanan, juga TNI dan pihak lain yang terkait keamanan," timpal Djefrai.

Ia berharap semua pihak, baik masyarakat Dayak, dan masarakat suku lainya turut serta menjaga situasi  kondusif di Kabupaten Sekadau.

Sementara, Bupati Sekadau, Aron meyampaikan ucapan selamat Gawai kepada masyarakat Dayak Kabupaten Sekadau.selaku kepala Daerah, Aron berharap gawai bisa berjalan baik dan lancar.

"terima kasih kepada Pemprov dan ketua DAD Kalbar, kami juga mengapresiasi ajaran ketua DAD Kalbar bahwa adat adalah titian hidup yang menjadi inspirasi semua masarakat Dayak," timpal Aron.

Aron juga berterimakasih kepada pihak keamanan yang melasanakan tugas pengamanan gawai Dayak, serta  terimkasih kepada Simon Petrus Bupati dua periode Sekadau yang mencetuskan gawai Dayak Kabupaten Sekadau.

Pelaksaan Gawai Dayak selama 5 hari dibuka Selasa 27 dan di tutup Sabtu 27 Juni 2024. 

Sebelum dibukanya kegiatan, Bupati Sekadau, Aron disambut dengan adat pemotongan bambu dan tarian dengan didampingi Forkompinda dan tamu undangan serta adat Dayak Mentukak. (Arni Lintang)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar