Hadiri Kunjungan Mentri ATR/BPN di Pontianak, Kainda Apresiasi Langkah Pak Mentri, AHY serahkan Sertifikat Elektronik kepada Masarakat dan Pemerintah Kalbar - Berita Indokalbar.com -->

24 Juni 2024

Hadiri Kunjungan Mentri ATR/BPN di Pontianak, Kainda Apresiasi Langkah Pak Mentri, AHY serahkan Sertifikat Elektronik kepada Masarakat dan Pemerintah Kalbar

Kainda, S.ST M.Eng, foto bersama jajaran Kanwil, Kantah Kabupaten /Kota,Forkompim Kalbar  dan Mentri ATR/BPN RI. (Dokumen)
Kainda, S.ST M.Eng, foto bersama jajaran Kanwil, Kantah Kabupaten /Kota,Forkompim Kalbar  dan Mentri ATR/BPN RI. (Dokumen)
SEKADAU – Kepala Kantor Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Sekadau (ATR/BPN), Kainda S.St M.Eng, menghadiri kegiatan Metri ATR/BPN Republik Indonesia, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pontianak, Sabtu (22/6/2024). 

Dalam kunjungan Mentri ATR/BPN di Kalbar, dikatakan Kainda, terdapat beberapa kegiatan penting.salah satunya adalah peyerahan sertifikat elektronik kepada warga di Kabupaten Kubu Raya yang sebelumnya tidak dapat melakukan permohonan SHM dikarenakan pemukim yang mereka tempati sebelumnya masuk dalam kawasan hutan.

Namun pada tahun lalu (2023) telah diterbitkan SK biru yang menandakan kawasan tersebut sudah dikeluarkan dari kawasan hutan oleh kementrian Lingkungan Hidup (KLHK) RI.

" ini berkat program reforma agraria kementrian, sehingga warga yang masuk dalam kawasan hutan bisa mendapatkan kepastian hukum atas tanah yang mereka tempati," ujar Kainda.

Selaku kepala Kantah Sekadau, Kainda, mengapresiasi program Mentri ATR/BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang datang langsung menyerahkan sertifikat elektronik kepada perwakilan warga yang sebelumnya belum memiliki kepastian hukum atas hak tanah yang mereka tempati.

Terlebih, diceritakan , Kainda, warga yang berdomisili dan masuk dalam kawasan hutan tersebut merupakan masyarakat yang direlokasi pemerintah provinsi belasan tahun lalu paska terjadinya kerusuhan di Kabupaten Sambas, Kalbar.

Selain menyerahkan sertifikat kepada warga relokasi itu, Metri ATR/BPN juga menyerahkan beberapa sertifikat elektronik di kantor BPN Kota Pontianak baik kepada masarakat umum, Pemerintah Provinsi dan Kepolisian Daerah Kalbar.

Kunjungan Mentri ATR/BPN di Kalbar juga dengan beberapa agenda lainya, sperti, menyaksikan pertandingan volly  PLN Mobile Proliga 2024 Divisi Putra antara tim, Jakarta LavAni Allo Bank Electric vs Jakarta Garuda Jaya.

Kantah ATR/BPN Sekadau juga berencana akan melaunching sertifikat Elektronik pada 27 Juni ini. sebelumnya, beberapa hari lalu, ATR/BPN Sekadau juga mensosialisasikan mengenai sertifikat Elektronik kepada Pemerintah Daerah dan Forkompinda Sekadau. 

(Arni Lintang)

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar