Ajang Silaturahmi Keluarga Besar Sambas di Tumpahan Salok Insanak Sambas Serumpun - Berita Indokalbar.com -->

29 Mei 2023

Ajang Silaturahmi Keluarga Besar Sambas di Tumpahan Salok Insanak Sambas Serumpun

Acara Tumpahan Salok Insanak Sambas Serumpun di Kabupaten Kubu Raya
KUBU RAYA - Dewan Pengurus Daerah Persaudaraan Sambas Serantau (PASS) Kabupaten Kubu Raya telah mengadakan acara Tumpahan Salok Insanak Sambas Serumpun pada hari Minggu.

Acara tersebut bertujuan untuk merayakan kebersamaan keluarga besar orang Sambas dan diadakan di Desa Pematang Tujuh, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Provinsi Kalimantan Barat.

Ketua Dewan Pengurus Daerah PASS Kabupaten Kubu Raya, Suryadi, menjelaskan bahwa acara ini dihadiri oleh ratusan orang Sambas, baik yang tinggal di Kubu Raya maupun wilayah lain di Kalimantan Barat. 

Menurutnya, kegiatan ini bukan hanya sekadar sebagai wadah untuk menyalurkan rasa kebersamaan bagi keluarga Sambas, tetapi juga sebagai ajang silaturahmi antara keluarga besar orang Sambas yang berada di Kabupaten Kubu Raya maupun daerah lain di Kalimantan Barat.

Suryadi mengapresiasi Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, dan Penasihat Dewan Pengurus Daerah PASS Kubu Raya, Rosalina Muda Mahendrawan, yang telah memfasilitasi penyelenggaraan Tumpahan Salok Insanak Sambas Serumpun di Desa Pematang Tujuh.

Sementara itu, Ketua DPW PASS Provinsi Kalimantan Barat, Manto Saidi, mengimbau masyarakat Sambas untuk tidak mempersoalkan perbedaan pandangan politik menjelang pemilihan umum. 

Menurutnya, perbedaan itu wajar dan setiap orang harus menjaga silaturahmi demi kepentingan yang lebih besar. Manto Saidi juga menjabat sebagai Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat.

Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan, menjelaskan bahwa Tumpahan Salok Insanak Sambas Serumpun diadakan di saung griya 169 karena tempat tersebut dikelilingi oleh sungai, sawah, dan pohon kelapa yang mengingatkan pada suasana kampung halaman di Sambas. 

Menurutnya, saung griya 169 menjadi tempat yang tepat untuk merefleksikan kembali suasana alam di Kabupaten Sambas, dengan keberadaan alam yang alami serta didukung oleh pertanian padi, hortikultura, dan perikanan. 

Hal ini memungkinkan mereka untuk terbawa suasana dan mengenang kampung halaman mereka di berbagai daerah di Kabupaten Sambas.

Bupati juga menyatakan kekagumannya terhadap kegiatan ini, karena mampu menyatukan warga Sambas dari berbagai kabupaten di Kalimantan Barat. Ia melihat kehadiran Istri Wakil Bupati Sambas, Puspa Rahayu Fahrur Rofi, yang juga ikut hadir dalam acara tersebut.

*BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS

  

Bagikan artikel ini

Tambahkan Komentar Anda
Komentar